Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Friday, April 9, 2021

Khutbah Jum'at Akhir Sya'ban Jelang Ramadhan




Khutbah Jum'at Akhir Sya'ban Jelang Ramadhan

. .🕌 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🕌


             السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  


إن الحمد لله أيهاالناس قد أظلكم شهر عظيم, شهر مبارك, شهر فيه ليلة خير من ألف شهر, جعل الله صيامه فريضة, وقيام ليله .. أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله


اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَسِعا


اما بعد: فياا يهاالناس .اتقواالله حق تقاته ولاتموتن إلا وأنتم مسلمون .وقال الله تعالى فى القران الكريم وهو اصدق القائلين, اعوذ بالله من الشيطان الرجيم, بسم الله الرحمن الرحيم: .... يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ ... صدق الله العظيم ... أَمَّا بَعْدُ


Muslim ma'asiral di rahimakumullah

Pertama-mata marilah kita panjatkan puja dan puji kepada Allah Subhanahu wa ta'ala atas segala nikmat yang telah diberikan kepada Allah terutama nikmat umur, nikmat Iman dan Islam sehingga dengan nikmat tersebut kita masih di beri kesempatan oleh Allah untuk hadir di tempat yang penuh baraqokah ini demi menunaikan kewajiban kita serta sebagai bukti mensyukuri nikmat Allah 


Oleh karena itu marilah kita semua bertaqwa kepada Allah dengan sebenar benar dan sebaik baik bekalan menuju Allah swt firman Allah:


وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ


“Berbekallah, dan sebenarnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.” (QS. Al-Baqarah: 197)


Dan tidak lupa pula kita mengirim shalawat, salam dan taslim keatas penghulu para nabi dan rasul Allah yaitu nabi besar muhammad shallallahu alaihi wasallam, kepada keluarganya, kepada para sahabat dan orang orang yang sentiasa setia melaksanakan syariatnya hingga ke akhir zaman.


Ma'asyiral muslimin rahimakumullah

Adapun judul khutbah pada jumaat kali ini adalah khutbah Rasulullah di setiap penghujung atau akhir bulan Sya'ban menghubungkan riwayat dari Salman al-Farisi ra beliau menyatakan bahwa: “Rasulullah menyampaikan khutbah kepada kami pada hari terakhir di bulan Sya'ban Isi khutbah Rasulullah Shallalhu ' Alaihi Wasallam, sebagai berikut:


أيها الناس قد أظلكم شهر عظيم, شهر مبارك, شهر فيه ليلة خير من ألف شهر, جعل الله صيامه فريضة, وقيام ليله تطوعا, من تقرب فيه بخصلة من الخير, كان كمن أدى فريضة فيما سواه, ومن أدى فيه فريضة كان كمن أدى سبعين فريضة فيما سواه, وهو شهر الصبر, والصبر ثوابه الجنة, وشهر المواساة, وشهر يزداد فيه رزق المؤمن, من فطر فيه صائما كان مغفرة لذنوبه, وعتق رقبته من النار, وكان له مثل أجره من غير أن ينتقص من أجره شيء,


Artinya: ”Wahai manusia, sungguh telah dekat kepadamu bulan yang agung, bulan yang penuh dengan keberkahan, yang didalamnya terdapat satu malam yang lebih baik nilainya dari seribu bulan, bulan yang mana Allah tetapkan puasa di siang harinya sebagai fardhu, dan shalat di malamnya sebagai sunah. Barang siapa yang mendekatkan diri kepada Allah di bulan ini dengan satu (amalan sunnah), maka pahalanya seperti dia melakukan amalan fardhu di bulan-bulan yang lain. Barangsiapa melakukan amalan fardhu di bulan ini, maka pahalanya seperti telah melakukan tujuhpuluh kali amalan fardhu di bulan lainnya.


Inilah bulan kesabaran dan balasan atas kesabaran adalah surga, bulan ini merupakan bulan kedermawanan dan simpati sesama sesama. Dan bulan dimana rizki orang-orang yang beriman ditambah. Barang siapa memberi makan untuk berbuka orang yang berpuasa maka pengampunan atas dosa-dosanya dan dibebaskan dari api neraka dan dia mendapatkan pahala yang sama orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa.


قَالُوْا: لَيْسَ كُلُّنَا نَجِدُ مَا يفطرُ الصَّائِمُ. فقال: يعطي الله هذا الثواب من فطر صائما على تمرة أو شربة ماء أو مذقة لبن, وهو شهر أوله رحمة, وأوسطه مغفرة, وآخره عتق من النار, من خفف عن مملوكه غفر الله له, وأعتقه من النار, واستكثروا فيه من أربع خصال,: خصلتين ترضون بهما ربكم, وخصلتين لا غنى بكم عنهما, فأما الخصلتان اللتان ترضون بهما ربكم فشهادة أن لا إله إلا الله وتستغفرونه, وأما اللتان لا غنى بكم عنهما فتسألون الله الجنة و تعوذون به من النار, ومن أشبع فيه صائما سقاه الله من حوضي شربة لا يَظْمَأُ حَتَّى يَدْخُلَ الْجَنَّةَ.


Mereka para sahabat menyatakan: tidak semua dari kami mempunyai sesuatu yang bisa diberikan kepada orang yang berpuasa untuk berbuka. ”


Rasulullah menjawab: “Allah akan memberikan pahala ini kepada orang yang memberi buka puasa walaupun dengan sebiji kurma, atau seteguk air, atau setetes susu”.


Inilah bulan yang permulaannya (sepuluh hari pertama) Allah menurunkan rahmat, yang pertengahannya (sepuluh hari pertengahan) Allah memberikan ampunan, dan yang terakhirnya (sepuluh hari terakhir) Allah membebaskan hamba-Nya dari api neraka. Barangsiapa yang meringankan hamba sahayanya di bulan ini, maka Allah akan mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka.


Dan perbanyaklah melakukan empat hal di bulan ini, yang dua hal dapat mendatangkan keridhaan Tuhanmu, dan yang dua hal kamu pasti memerlukannya. Dua hal yang mendatangkan keridhaan Allah yaitu syahadah (Laailaaha illallaah) dan beristighfar kepada Allah, dan dua hal yang pasti kalian memerlukannya yaitu mohonlah kepada-Nya untuk masuk surga dan berlindung kepada-Nya dari api neraka. Dan barang siapa memberi minum kepada orang yang berpuasa (untuk berbuka), maka Allah akan menerima dari telagaku, dimana dengan sekali minum ia tidak akan merasakan haus sehingga ia memasuki surga “(HR. Ibnu Khuzaemah, Imam Baihaqi, dan Ibnu Hibban lemah)


Ma'asyiral muslimin rahimakumullah

Para ulama menyebut bahwa meskipun dari riwayatnya dipandang lemah tapi pada makna kalimatnya didukung oleh puluhab hadits-hadits yang shahih.


Jadi pada hakikatnya meskipun hadits ini lemah, namun isinya merupakan perpaduan hadits shahih yang terpisah


Antara lain hadits shahih penyokong:


Dari riwayat Ahmad beliau menyatakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:


قد جاءكم شهر رمضان شهر مبارك افترض الله عليكم صيامه يفتح فيه أبواب الجنة وتغل فيه الشياطين فيه ليلة خير من ألف شهر 


“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta syetan-syetan dibelenggu. di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan ”(HR Ahmad Shahih)


Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam bersabda berbunyi:


مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ


“Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap perhitungan (pahala) akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (Muttafaq 'Alaih) 


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,


إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ


”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu. (HR Bukhari Muslim)


Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda maksudnya:


Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka potong pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga. ” (HR. Tirmidzi Ibnu Majah dan Ahmad)


Ma'asyiral muslimin rahimakumullah

Demikianlah antara lain keutamaan bulan suci bulan penuh berkah, bulan pembersih dosa, bulan ramalan dan bulan tulisan ketaqwaan tulisan Allah Subhanahu wa ta'ala dalam surah al Baqarah ayat 183.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعلونتكعل


Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa diwajibkan atas orang orang sebelummu agar kamu bertakwa.


بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِى الْقُرْاَنِ عَظِيْمِ. وَنَفَعْنِيْ وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلَايَةِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمَنْكُمْ تَلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْم. اقول قولي هذا واستغفرالله العظيم لي ولكم ولسائر المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه انه هو الغفر الرحيم.


Khutbah Kedua:

 

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشراف الأنبياء والمرسلين نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين .. أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله..يا أيها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس واحدة وخلق منها زوجها وبث منهما رجالا كثيرا ونساء واتقوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا


اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ يَاَ يُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُوْاصَلُّوْاعَلَيْاهِ وَسَلِمُوْ

صل على محمد اللهم وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آبيدم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبرا


اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات إنك سميع قريب مجيب الدعوة


اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى

اللَّهُمَّ اكْفِنَا بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ


اللَّهُمَّ أَحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِى الأُمُورِ كُلِّهَا وَأَجِرْنَا مِنْ خِزْىِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ


رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنكَّ أَبنها


رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمامُاقِينَ إِ


رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.


عباد الله .. إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذى القربى وينهى عن الفخشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون, فاذكروا الله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم واسألوه من فضله يعطكم ولذكر الله أكبر ...


Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan