Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Saturday, February 13, 2021

Amaliyah Bulan Rajab


Beberapa amaliah bulan Rajab :

1⃣ Doa yang dibaca dalam bulan Rajab:

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا في رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنا رَمَضَان

"Ya Allah, anugerahkanlah keberkahan kepada kami di Bulan Rajab dan Sya'ban. Dan sampaikanlah umur kami pada Bulan Ramadhan".

❤️ Dalam Hadits

 عن أنس رضي اللّه عنه قال: كان رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم إذا دخل رجب قال قال: "اللَّهُمَّ رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم إذا دخل رجب قال قال:" اللَّهُمَّ رسول اللّه صلى اللله عليه وسلم إذا دخل رجب قال قال: "اللَّهرمَّ رسول لَونا فعباراك لَونا فليب مان اللهم لباراِ لَونا فعباراك 

"Dari Anas radliyallahu 'anhu berkata, masuk bulan Rajab maka Rasulullah shallallahu alayhi wasallam membaca:

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا في رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنا رَمَضَانَ

(Diriwayatkan oleh Imam Nawawi dalam kitab al Adzkar, kitab Adzkar sebagai Shiyam, bab ma yaquluhu idza ro'a al Hilal wa maa yaqulu idza ro'a al Qomar dan juga diriwayatkan dalam kitab Ibnu as Sunni) 


2⃣ Mustajabnya do'a pada malam pertama Rajab

❤️Al Imam as Syafi'i radliyallahu anhu berkata dalam kitab al Umm:

 بلغنا أنه كان يقال: إن الدعاء يُستجاب في خمس ليال: في ليلة الجمعة ، وليلة الأضحى ، وليلة في خمس ليال: في ليلة الجمعة ، وليلة ، وليلة الأضحى ، وليلة وليلة في

 Telah sampai berita pada kami bahwa pernah dikatakan: Doa sesunguhnya dikabulkan pada lima malam: malam jum'at, malam hari raya Idul Adlha, malam hari raya Idul Fithri, malam pertama bulan Rajab dan malam nishfu Sya'ban ".


3⃣ Kesunnahan puasa di bulan Rajab.

👆Di satu sisi memang tidak ada satupun hadits shahih yang secara khusus menyatakan kesunnahan puasa Rajab. Namun di sisi lain juga tidak ada larangan secara khusus untuk berpuasa pada bulan Rajab.

Karena itu, dalil-dalil umum mengenai anjuran berpuasa penuh kecuali lima hari yang diharamkan, cukup dijadikan dalil atas puasa Rajab yang dianjurkan.

❤️ Dalam Shahih Muslim, hadits no. 1960:

عن عثمان بن حكيم الأنصاري قال سألت سعيد بن جبير عن صوم رجب ونحن يومئذ في رجب فقال سمعت ابن عباس رضي الله عنهما يقول كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصوم حتى نقول لا يفطر ويفطر حتى نقول لا يصوم 

"Dari Utsman bin Hakim Al Anshari bahwa ia berkata: Saya bertanya kepada Sa'id bin Jubair mengenai puasa Rajab, dan saat itu kami berada di bulan Rajab. Maka ia pun menjawab: Saya telah mendengar Ibnu Abbas radliyallahu 'anhuma berkata: Dulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berpuasa hingga kami mengatakan bahwa beliau tidak akan berbuka. Dan beliau juga pernah berbuka hingga kami menyatakan bahwa beliau tidak akan puasa. "


❤️ Imam an Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim mengomentari hadits di atas dengan mengatakan: “Zhahirnya, yang dimaksud Sa'id ibn Jubair dengan pengambilan hadits ini sebagai dalil adalah bahwa tidak ada nash yang menyatakan sunnah atau secara khusus terkait puasa Rajab. Karenanya, ia masuk dalam hukum puasa pada bulan-bulan yang lain. Tidak ada satupun hadits tsabit yang terkait dengan puasa Rajab, baik anjuran maupun larangan. Akan tetapi, hukum asal puasa adalah disunnahkan. 


❤️ Dalam Sunan Abi Dawud bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam menyatakan kesunnahan puasa pada bulan-balan haram (al Asyhur al Hurum; empat bulan yang dimuliakan), dan Rajab adalah salah satunya. Wa Allaahu a'lam. ”


Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan