Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Tuesday, November 17, 2020

Pembinaan Mental Ruhani Melalui Shalat dan Zakat


 

Tafsir surat Al Baqarah ayat 110

وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَۚ وَمَا تُقَدِّمُواْ لِأَنفُسِكُم مِّاتُواْ لزَّكَوٰةَۚ وَمَا تُقَدِّمُواْ لِأَنفُسِكُم مِّاتوا من ختولل 

Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.

 

Makna kata:

{ وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ } Wa aqiimush shalaat: Mendirikan shalat adalah melaksanakannya pada waktunya dengan syarat-syarat, rukun, dan sunnah shalat.

{ وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَۚ } Waaatuuz zakat: Berikanlah zakat kalian dan hartalah segala perbuatan taat yang dapat menyucikan diri-diri kalian.

Makna ayat:

Pada ayat (110) Allah Ta'ala memerintahkan mukmin orang-orang untuk mendirikan shalat dan menunaikan zakat, serta melakukan perbuatan-perbuatan baik, untuk mendidik akhlak dan menyucikan diri mereka. Allah mengharapkan orang-orang mukmin akhir kehidupan yang baik di akhirat dalam firmanNya ( إِنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعۡمَلُونَ بَصِيرٞ ) “Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang kalian kerjakan.”

Pelajaran dari ayat:

 • Pada kondisi yang belum memungkinkan bagi kaum muslimin untuk berjihad, siapkan diri Anda dengan hal-hal yang ketika berjihad. Yaitu dengan membina akhlak dan sisi ruhiyah serta menyucikan jiwa dengan melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, serta melakukan berbagi penerapan. Hal itu akan menjaga sisi ruhiyah dan badaniyah kaum muslimin sampai datang waktunya untuk berjihad.

• Menguatkan perasaan dengan merasa diawasi oleh Allah Ta'ala, agar seorang hamba senantiasa memperbagus niat dan amalannya. [Tafsir Assa'di]


Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan