Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Thursday, November 12, 2020

Maafkanlah Perilaku Orang Yang Dengki

 


Tafsir Surat Al Baqarah Ayat 109

ود كثير من أهل ٱلكتب لو يردونكم من بعد إيمنكم كفارا حسدا من عند أنفسهم من بعد ما تبين لهم ٱلحق فٱعفوا وٱصفحوا حتى يأتي ٱلله بأمره إن ٱلله على كل شيء قدير 

“Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. ”

 

Banyak dari orang-orang Yahudi dan Nasrani yang berusaha mengembalikan kalian kepada kekafiran setelah kalian beriman, hal ini karena kedengkian yang mereka sembunyikan dalam diri mereka setelah jelas bagi mereka kebenaran Nabi Muhammad dan risalahnya; maka janganlah kalian balas dan hina mereka sampai Allah menurunkan hukum yang lain, seperti hukum tentang izin mengatur mereka. Sungguh Allah Maha kuasa atas seluruh makhluk.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata:

 فَاعْفُوا۟ وَاصْفَحُوا۟ حَتَّىٰ يَأْتِىَ اللهُ بِأَمْرِهِ

Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. (al-Baqarah: 109) ayat ini telah dinasakh dengan firman-Nya:

 فَاقْتُلُوا۟ الْمُشْرِكِينَ حَيْثُ وَجَدتُّمُوهُمْ

maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu dimana saja kamu jumpai mereka. (taubah: 5) dan dengan firman-Nya:

قٰتِلُوا۟ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِاللهِ وَلَا بِالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَلَا يُحَرِّمُونَ مَا حَرَّمَ اللهُ وَرَسُولُهُۥ وَلَا يَدِينُونَ دِينَ الْحَقِّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا۟ الْكِتٰبَ حَتَّىٰ يُعْطُوا۟ الْجِزْيَةَ عَن يَدٍ وَهُمْ صٰغِرُونَ

Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian, dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk. (at-Taubah: 29) Dan dalam hadits shahih disebutkan bahwa dahulu Rasulullah dan para sahabatnya memaafkan orang-orang musyrik dan ahli kitab sebagaimana yang Allah perintahkan, dan mereka tetap bersabar dari gangguan mereka. Allah berfirman:

وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا۟ الْكِتٰبَ مِن قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُوٓا۟ أَذًى كَثِيرًا ۚ وَإِن تَصْبِرُوا۟ وَتَتَّقُوا۟ فَإِنَّ ذٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan. (Ali Imran: 186) dan Allah berfirman:

وَدَّ كَثِيرٌ مِّنْ أَهْلِ الْكِتٰبِ لَوْ يَرُدُّونَكُم مِّنۢ بَعْدِ إِيمٰنِكُمْ كُفَّارًا حَسَدًا مِّنْ عِندِ أَنفُسِهِم مِّنۢ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمُ الْحَقُّ ۖ فَاعْفُوا۟ وَاصْفَحُوا۟ حَتَّىٰ يَأْتِىَ اللهُ بِأَمْرِهِۦٓ ۗ إِنَّ اللهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Al- Baqarah: 109) dengan ini Rasulullah selalu berusaha memaafkan sebagaimana yang Allah perintahkan kepadanya, hingga beliau mendapat izin dari Allah untuk memerangi mereka. Dan ketika Rasulullah memulai perang Badar, dan berhasil mengalahkan para pemimpin kafir Quraisy maka Ibnu Ubai bin Salul dan orang-orang musyrik berkata: “urusan ini telah jelas hasilnya, maka baiatlah Rasulullah untuk masuk Islam.” Dan merekapun masuk Islam.

(shahih Bukhari, Tafsir Ali Imran, Bab: وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا۟ الْكِتٰبَ مِن قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَيرو)

[Sumber Tafsir Al Muhkhtashar, Markaz Riyadh, Syaikh Dr. Shalih Abdullah]

Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan