Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Monday, October 19, 2020

Selamat Datang Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW

 


Hanya Iblis dan sekutunya saja yang tidak bergembira dengan Lahirnya Nabi Muhammad SAW hingga kiamat. 

Bulan Maulid adalah bulan yang kita rindukan, bulan yang mendatangkan keberkahan bagi alam semesta karena di bulan inilah tepatnya pada hari Senin, 12 Rabiul Awal tahun Gajah Sayyidina Rasulillah ﷺ dilahirkan.


Di bulan inilah penduduk dunia Muslim bergembira menggelar maulidan, lantunan bacaan selawat saling bersahutan di udara, pembacaan barzanji dan diba 'lebih ramai dari bulan-bulan sebelumnya, semua itu demi menghormati hari kelahiran Baginda Rasulillah ﷺ.


Namun demikian, semuanya belum cukup untuk kategori jasa-jasa Baginda Rasulillah ﷺ yang telah menjadi penyebab keberuntungan kita.

Maka tak heran jika Al-Hafidz Abdur Rahman ad-Diba'i dalam kitab Maulidnya berkata:

فلو أنا عملنا يوم لأحمد مولدا قد كان واجب

Artinya: “andaikan setiap hari aku (mampu) mengadakan acara Maulidan untuk Nabi  [Nabi Muhammad] maka semuanya dihukumi wajib.” 


Abuya Dr. Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki al-Hasani Rahimahullah berkata:

أن أول المحتفلين بالمولد هو صاحب المولد وهو النبي صلى الله عليه 

"Sesungguhnya orang yang pertama kali pertama kali Maulid adalah pemilik Maulid, yaitu Baginda Rasulillah ﷺ."

Dijelaskan dalam Sahih Muslim ketika ditanyai tentang alasan beliau berpuasa pada hari Senin, beliau menjawab: "Pada hari itu aku dilahirkan".

فهذا أصح وأصرح نص فى مشروعية الإحتفال بالمولد النبوي الشريف


Maka ini adalah sekuat dan sejelas-jelasnya nash dalil yang menjelaskan anjuran maulid Nabi yang mulia.

ولا يلتفت لقول من قال: أن أول من إحتفل به الفاطميون لأن هذا إما جهل او تعام عن الحق

Tidak dapat dijadikan landasan yang mengatakan bahwa pertama kali yang merayakan maulid adalah dari dinasti Fathimiyyah, sebab pernyataan tersebut tidak lepas dari ketidaktahuan atau berpura-pura tidak tahu akan fakta yang sebenarnya.

"Berbahagia dengan kehadiran Rasulullah di dunia dianjurkan pada setiap waktu. Setiap mendapat kenikmatan dan karuniaNya.


Akan tetapi, anjuran tersebut menjadi sangat dikukuhkan pada setiap hari Senin dan bulan Rabiul Awal karena hubungan yang kuat dan momen waktu yang selayaknya diperhatikan. 

Sudah menjadi kemakluman bersama tidak akan melupakan dan berpaling dari sebuah momen peristiwa besar kecuali orang yang lalai dan bodoh. "

Semoga kita senantiasa dapat meningkatkan rasa cinta kita kepada Rasulullah ﷺ sehingga mengaku sebagai umatnya dan dapat berkumpul bersamanya kelak di hari kiamat. Aamiin.

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد 💚

.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Blog Archive

Data Kunjungan