Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Thursday, October 29, 2020

Keutamaan Nabi Muhammad SAW

 


Allah SWT berfirman artinya: "Tidaklah Kami mengutusmu, melainkan untuk menjadi rahmat bagi sekalian alam [Al-Anbiyâ '/ 21: 107]. Ayat rahmat yang sangat agung dan bersifat umum ini menjelaskan:  
Pertama: Allâh telah mengutus hamba-Nya dan Rasul-Nya yang mulia Nabi Muhammad untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam yang terdiri dari kelompok- kelompok mahluk seperti alam manusia, alam Malaikat, alam Jin, alam hewan. 
Kedua: Nabi Muhammad SAW telah diciptakan dan disifatkan serta berada pada diri beliau dengan rahmat. 
Ketiga: Agama yang beliau bawa –Islam- semua ajarannya adalah rahmat bagi jin dan manusia yang terkena taklif (beban) dari Allah SWT. 
Keempat: Nabi Muhammad SAW di utus dan datang kepada manusia dan jin dengan segala dunia dan akherat. 
Kelima: Al-Qur'ân yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW menjadi rahmat terbesar bagi mereka. 
Keenam: fakta bahwa ayat yang mulia ini menjadi bukti terbesar dari kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad SAW. 

Dalam hubungan dengan ayat di atas, Rasulullah SAW juga bersabda: Aku diberikan keutamaan oleh Allah SWT terhadap para nabi dengan enam macam keutamaan yaitu: 1) aku diberikan jawami kalim [kemampuan mengungkapkan kata yang ringkas namun padat maknanya], 2) aku ditolong oleh Allah dengan ru'ba [musuh merasa takut], 3) dihalalkan bagiku harta rampasan [hasil peperangan], 4) dijadikan bagiku bumi ini suci dan bisa dijadikan tempat sujud, 5) aku diutus oleh Allah untuk semua makhluk, dan 6) aku diutus sebagai penutup para nabi [Hadis Riwayat Imam Muslim].

 

Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Blog Archive

Data Kunjungan