Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Friday, August 7, 2020

Janji Setia Harus Dipenuhi

Tafsir Al Baqarah 84 86 : menjelasakan tentang janji harus dipenuhi oleh setiap umat manusia. Suatu rencana terjadi suatu rencana terhadap suatu bentuk apapun maka akan terjadi kekacauan dan kehancuran suatu masyarakat dan bangsa.

“Dan (ingatlah), kompilasi Kami mengambil janji dari kamu (yaitu): kamu tidak akan menumpahkan darahmu (melawan orang), dan kamu tidak akan mengusirmumu (saudaramu sebangsa) dari kampung halamanmu, kemudian kamu berikrar (akan memenuhinya) saat kamu dapat melihatmu .

“Kemudian kamu (Bani Israil) kill dirimu (saudaramu sebangsa) dan usir segolongan dari kampung halamannya, kamu membantu terhadap mereka dengan membuat dosa dan permusuhan; Tapi jika mereka datang kepadamu sebagai tawanan, kamu tebus mereka, padahal mengusir mereka itu (juga) terlarang bagimu. Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al Kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang dirahasiakan daripadamu, melainkan kenistaan ​​dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat.

"Itulah orang-orang yang membeli kehidupan dunia dengan akhirat, maka tidak akan dirujuk siksa mereka dan mereka tidak akan ditolong."

Pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat di atas adalah sebagai berikut:

1. Janji setia harus dipenuhi

2. Larangan membunuh

3. Larangan mengusir saudara sebangsa

4. Larangan inspirasi nista

Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan