Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Tuesday, August 11, 2020

Hati Yang Tertutup

Tafsir Surat Al-Baqarah ayat 88 artinya: Dan mereka berkata: "Hati kami tertutup". Tetapi sebenarnya Allah telah mengutuk mereka karena keingkaran mereka; maka sedikit sekali mereka yang beriman.

Mengenai firman Allah  Ta'ala , Î وَقَـالُوا قُلُـوبُنَا غُلْـفٌ Ï dari Ibnu Abbas, Muhammad bin Ishak mengatakan, “Artinya berada di tempat tertutup.”

Masih mengenai ayat yang sama, dari Ibnu Abbas, Ali bin Abi Thalhah mengatakan, “Artinya hati mereka itu tidak dapat memahami”.

Î بَل لَّعَنَهُمُ اللَّهُ بِكُفْرِهِمْ Ï  “Namun sebenarnya Allah melaknat mereka karena kekafiran mereka.”  Artinya, Allah  Ta'ala  mengusir dan menjauhkan mereka dari segala macam macam. Î فَقَلِيلاً مَّا يُؤْمِنُونَÏ “Maka sedikit sekali di antara mereka yang beriman.” Qatadah mengatakan, “Artinya, tidak ada dari mereka yang beriman tidak sedikit sekali.”

Para mufassir masih berbeda pendapat mengenai firman Allah  Ta'ala , Î فَقَلِيـلاً مَّايُؤْمِنُونَÏ dan firman-Nya, Î فَلاَ يُؤْمِنُونَ إِلاَّ قَلِيـلاً. Sebagian dari mereka ada yang mengatakan, “Hanya sedikit sekali dari mereka yang beriman.” Tetapi ada juga yang mengartikan, sangat sedikit sekali iman mereka, dengan pengertian, mereka beriman kepada apa yang dibawa oleh Nabi Musa  'alaihissalaam  berkenaan dengan hari kebangkitan, pahala, dan adzab, tetapi keimanan mereka tidak memberikan manfaat kepada mereka, karena keimanannya itu telah tertutup oleh kekufuran mereka terhadap apa yang dibawa Muhammad  Shalallahu 'alaihi wa sallam .

Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan