Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Thursday, August 27, 2020

Hari Asyura 10 Muharam


Hari
asyuro adalah hari yang kesepuluh  bulan Muharram dan tasu'aa adalah hari yang kesembilan. Inilah yang dikatakan oleh jumhur ulama. 

Imam Bukhari telah meriwayatkan dalam hadits yang ke 2006. 

ما رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يتحرى صيام يوم فضله على غيره, إلا هذا اليوم يوم عاشوراء وهذا الشهر, يعني شهر رمضان.


Dari sahabat ibnu 'Abbas radliallahu' anhuma berkata: "Tidak pernah aku melihat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sengaja berpuasa pada suatu hari yang dia istimewakan dibandingkan hari-hari lainnya kecuali hari' Asyura 'dan bulan ini, yaitu bulan Ramadhan".


* SEJARAH PUASA 'ASYURA' *


أخرج البخاري (2002) عن عائشة رضي الله عنها قالت: كان يوم عاشوراء تصومه قريش في الجاهلية, وكان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصومه, فلما قدم المدينة صامه, وأمر بصيامه, فلما فرض رمضان ترك يوم عاشوراء, فمن شاء صامه, ومن شاء تَرَكَهُ.


Imam Bukhari telah meriwayatkan hadits yang ke 2002 dari Sayyidah 'Aisyah radliallahu' anha berkata:


"Orang-orang Quraisy pada masa Jahiliyah melaksanakan puasa hari 'Asyura' dan Rasulullah shallallahu 'alaihi melaksanakanallam melaksanakannya. Ketika Beliau sudah tinggal di Madinah, Beliau tetap melaksanakannya dan memerintahkan orang-orang untuk melaksanakannya pula. Setelah diwajibklan puasa Ramadhan beliau meninggalkannya. Maka siapa yang mau silakan berpuasa dan siapa yang tidak mau silahkan meninggalkannya ".


* SEBAB PUASA DIHARI 'ASYURA' *


أخرج البخاري (2004) عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: قدم النبي صلى الله عليه وسلم المدينة, فرأى اليهود تصوم يوم عاشوراء, فقال: ((ما هذا)). قَالُوا: هَذَا يَوْمٌ صَالِحٌ ، هَذَا يَوْمٌ نَجَّى اللَّهُ بَنِي إِسْرَائِيلَ مِنْ وعَدُوِّهِمْ ، سفَصَامَهُ. قَالَ: ((فَأَنَا أَحَقُّ بِمُوسَى مِنْكُمْ)). فَصَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ. 


Imam bukhori telah meriwayatkan hadits yang ke 2004, dari shohabat Ibnu 'Abbas radliallahu' anhuma berkata: "Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah sampai dan tinggal di Madinah, Beliau melihat orang-orang Yahudi melaksanakan puasa hari' Asyura 'lalu Beliau bertanya:" Kenapa kalian mengerjakan ini? "Mereka menjawab:" Ini adalah hari yang baik, hari ketika Allah menyelamatkan Bani Isra'il dari musuh mereka lalu Nabi Musa Alaihissalam sebagai hari berpuasa ". Maka beliau bersabda:" Aku lebih berhak dari kalian terhadap Musa " Lalu beliau berpuasa dan memerintahkan untuk berpuasa. 


* PUASA DI HARI ASYURA 'BISA MENEBUS DOSA TAHUN YANG LALU *


أخرج مسلم (1162) عن أبي قتادة رضي الله عنه, أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "صيام يوم عرفة أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله والسنة التي بعده وصيام يوم عاشوراء أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله".


Imam muslim telah meriwayatkan hadits yang ke 1162, dari shohabat abu qotadah rodliyallah 'anhu, bahwa nabi saw bersabda: puasa pada hari Arafah, aku memohon pula kepada Allah, agar puasa itu bisa melakukan dosa dengan sebelumnya dan sesudahnya. Adapun puasa pada hari 'Asyura`, aku memohon kepada Allah agar puasa tersebut bisa menghapus dosa sebelumnya. "


Imam Nawawi mengatakan: sabda nabi saw: 


 ((صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَبَّت)


Makna hadits ini adalah: menebus dosa orang yang berpuasa dihari itu dalam 2 th. Mereka mengatakan: yang dimaksud adalah dosa-dosa kecil, dan lalu telah menjelaskan seperti ini dalam menebus dosa dengan wudlu. Dan kami telah menyebutkan disana bahwa jika tidak ada dosa-dosa kecilnya diharapkan diringankan dari dosa-dosa besar dan jika tidak ada dosa maka derajatnya akan diangkat. * (syarh Nawawi atas shohih Muslim: 8/41) *


* DIANJURKAN BERPUASA DIHARI YANG KESEMBILAN DAN KESEBELAS *


أخرج مسلم (1134) عن عبد الله بن عباس رضي الله عنهما ق قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم الله عليه وسلم المام.  


Imam muslim telah meriwayatkan hadits yang ke 1134, dari shohabat Ibnu Abbas radliallahu 'anhuma, ia berkata; Rosulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 


"Seandainya tahun depan aku masih hidup, niscaya saya benar-benar akan berpuasa pada hari ke sembilan (Muharram)." Sementara dalam riwayat shohabat Abu Bakar radliyallahu 'anhu, beliau berkata; Yakni pada hari 'Asyura`.


أخرج أحمد (2155) عن ابن عباس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "صوموا يوم عاشوراء, وخالفوا فيه اليهود, صوموا قبله يوما و بعده يوما [وفي رواية: أو يوما بعد]".


Imam ahmad telah meriwayatkan hadits yang ke 2155, dari sahabat Ibnu 'Abbas, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Berpuasalah kalian pada hari 'Asyura` dan berbedalah kalian dengan kaum Yahudi, maka berpuasalah satu hari sebelum atau sesudahnya."


Imam Nawawi berkata dalam kitab * MAJMU 'SYARH MUHADDZAB: *

Dan para sahabat kami dan selain merka telah sepakat atas anjuran puasa * 'ASYURA' DAN TASU'AA *. Para ulama dari ashhab kami dan selain mereka telah menyebutkan beberapa hikmah yang disarankannya puasa * 'ASYURA' DAN TASU'AA: *


 1- bahwa yang dimaksud adalah menyelisihi orang-orang yahudi yang hanya berpuasa pada hari yang kesepuluh. Dan itu telah diriwayatkan dari shohabat Ibnu Abbas dan dalam hadits yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hambal dari sahabat Ibnu 'Abbas, beliau berkata: Rasulullah SAW bersabda: 

* "berpuasalah kalian dihari 'asyura', berbedalah kalian dengan orang-orang yahudi dan berpuasalah sebelumnya dan sesudahnya satu hari. *

2- Bahwa yang dimaksud dengan puasa * TASU'AA * adalah menyambung hari 'asyura' dengan puasa seseorang dilarang untuk berpuasa di hari Jum'at saja. 

3- Ihtiyathan (hati-hati) dalam berpuasa dihari yang kesepuluh karena khawatir kurangnya hilal dan terjadinya kesalahan, maka hari yang kesembilan dalam hitungan akan menjadi hari yang kesepuluh .


* MELAPANGKAN KELUARGA DIHARI 'ASYURA' *


قال محمد عبد الله الجرداني: "و يسن التوسعة فيه على العيال ليوسع الله عليه السنة كلها كما في الحديث الحسن". (فتح العلام: 4/117)


Syekh Muhammad Abdullah Aljardani berkata: Disunnahkan untuk melapangkan [memberikan uang belanja] keluarga dihari 'asyura' agar Allah swt memberikan kelapangan atasnya selama penuh yang ada dalam hadits Hasan. 

(Fathul 'Allam 4/117)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan