Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Sunday, August 30, 2020

Cerdaslah Dalam Bergaul

Ajaran Islam menganjurkan bermuamalah, menjaga pergaulan sesama umat manusia. Namun demikian Islam sangat menjaga agar umatnya harus cerdas dalam memilih teman pergaulan.  Nabi Muhammad bersabda: 


مثل الجليس الصالح والجليس السوء كمثل صاحب المسك وكير الحداد, لا يعدمك من صاحب المسك إما تشتريه أو مسك وكير الحداد, لا يعدمك من صاحب المسك إما تشتريه أو أو أوادبحركاد كوريحب

“Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang shalih dan orang yang tidak baik bagaikan berteman dengan pemilik minyak wangi dan pandai besi. Pemilik minyak wangi tidak akan merugikanmu; anda bisa membeli (minyak wangi) melayani atau minimal dan mendapat baunya. Untuk teman dengan pandai besi, jika engkau tidak menemukan badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau mendapat baunya yang tidak enak. (HR. Bukhari, no. 2101).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu' alaihi wa sallam bersabda,

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

“Seseorang akan mengikuti kebiasaan teman karibnya. Oleh oleh, kedekatan, siapa yang akan menjadi teman karib kalian. (HR Abu Daud, ADA 4833; Tirmidzi, ADA 2378; Dan Ahmad, 2: ... 344. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits shahih Penyanyi).

Teman yang shalih punya pengaruh untuk menguatkan iman dan terus istiqamah karena kita akan ikut serta dengan baik hingga semangat untuk beramal.

Manfaat Berteman dengan Orang Shalih
Dia akan mengingatkan kita untuk beramal shalih, juga saat terjatuh dalam kesalahan.
Dia akan mendoakan kita dalam.
Dia akan mendoakan kita dalam.
Teman dekat yang baik akan dibangkitkan bersama kita pada hari kiamat.

Marilah kita cerdas dalam memilih teman pergaulan agar selamat hidup dan bahagia dunia akhirat.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan