Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Thursday, July 9, 2020

Kiat Manusia Sukses


Untuk menjadi manusia sukses harus meraih tiga perangkat hidup berikut ini:
1. ILMU (berilmu)
2. IMAN (beriman)
3. IKHTIAR (beramal shaleh)


Dalam kitabnya Ihya Ulumuddin, filusuf Islam, Al Ghazali menuliskan: semua manusia akan rusak, kecuali yang berilmu. Orang berilmu pun akan rusak, kecuali yang bekerja (beramal, berikhtiar).
Orang yang bekerja pun akan rusak, kecuali yang bekerja dengan ikhlas (menggunakan hati nurani).

Dalam surat Al Mujadilah ayat 11, Allah berfirman:
"Allah (hanya) akan mengangkat derajat orang-orang berilmu dan beriman diantara kalian, beberapa derajat.

Jelas, Ilmu, Iman dan Amal (ikhtiar) adalah "key success factor" dari seseorang untuk menjadi manusia sukses yang berkarakter (terangkat derajatnya).


Orang berilmu, adalah orang rasional, yang menggunakan akal sehat dan kritisnya melihat gejala alam, lalu melahirkan analisa dan aksioma, teori.

Orang beriman, adalah orang yang menggunakan hati nuraninya secara murni, untuk menemukan kekuatan  Maha Besar dalam segala kejadian alam di muka bumi ini, dan kekuatan Maha Besar itu adalah ALLAH.

Ikhtiar, amal, adalah ejawantahan (refleksi) dari apa yang ada dalam fikiran (ilmu) dan hati (iman) seseorang, berupa apa yang dia lakukan dan apa yang dia katakan.


Oleh karena itu, kalau mau melihat orang berilmu dan beriman, lihatlah apa yang dia katakan dan apa yang dia lakukan.


Falsafah "teko" mengatakan pada kita, bahwa apa yang keluar dari dirinya (mulut teko), adalah apa yang ada dalam perutnya (fikiran dan perasaan).


Oleh karena itu perlu kesadaran yang penuh, bahwa apa yang kita perlihatkan kepada khalayak (perkataan dan perbuatan) adalah gambaran kemanusiaan kita yang ditentukan oleh ILMU (apa yang kita fikirkan) dan IMAN (apa yg kita hayati dan rasakan)


Aturlah oleh otak dan hati kita (ilmu dan iman kita), apa yang akan kita lakukan dan katakan. Perlihatkanlah bahwa isi teko kita adalah ilmu terpuji yang bermanfaat dan iman yang saleh dan benar lagi lurus.


Semoga generasi milenial bangkit dari kegalauannya dan siap menjadi manusia sukses.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Blog Archive

Data Kunjungan