Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Monday, July 20, 2020

Hati Yang Gelap


Hati bisa menjadi gelap dan bisa bisa menjadi terang, karena itu kita harus memberikan makanan yang bergizi berupa zikir, berselawat dan  membaca Al-Qur'an. Disebutkan dalam Kitab Nashaihul Ibad: 

والمقالة الثالثة عشرة عن عبد الله بن مسعود رضى الله عنه ،قال ، اَرْبَعَةٌ مِنْ ظُلْمَةِ القَلْبِ ، بَطْنٌ شَبْعَانٌ مِنْ غَيْرِ مُبَالاةٍ ، وَصُحْبَةُ الظَّالِمِيْنَ ، وَنِسْيَانُ الذُّنُوْبِ المَاضِيَةِ ، وَطُوْلُ الاَمَلِ.

Dari sahabat Abdullah bin Mas'ud,  beliau berkata; ada empat hal yg menjadi  sebab gelapnya hati ;
1.perut yg kekenyangen  tanpa peduli. yaitu kenyang di atas yg di anjurkan oleh agama,  yaitu 1/3 usus(perut). 2. berteman dengan orang-orang zalim/orang-orang yg melampaui batas. 3. lupa dengan dosa yg telah lalu (yg pernah di kerjakan), lupa tanpa rasa penyesalan. 4. terlalu panjang angan-angan (kebanyakan menghayal).

Banyak makan tak terkontrol, berteman dengan orang-orang yang tidak baik, lupa terhadap dosa yang dilakukan, dan banyak berkhayal, semua ini berdampak buruk bagi kesehatan hati. oleh karena itu, seharusnya kita meninggal hal-hal buruk tersebut yang menyebabkan hati kita menjadi gelap, yang pada akhirnya sulit menerima kebenaran.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Blog Archive

Data Kunjungan