Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Tuesday, July 21, 2020

Covid 19 Menjadi Sarana Pendidikan


Masa pandemi Covid-19 yang sedang kita alami sekarang ini merupakan sebuah "sarana pendidikan" yang disediakan oleh Allah SWT untuk kita. Pendidikan yang 'dibangun' oleh Allah SWT ini untuk menempa, melatih, mendidik, dan membimbing kita semua. Tujuannya, untuk memilih siapakah di antara manusia yang benar-benar beriman kepada-Nya dan paling baik amalnya.

Hal ini ditandai  dengan beberapa komponen yang menunjukkan sebagai "sarana pendidikan" yang mumpuni dan unggulan untuk mendidik, memilih dan memilah siapakah yang terbaik prestasinya dihadapan Allah SWT.

1] Pendidik dan pengujinya adalah Allah SWT.  "Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah Arasy-Nya di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya" (QS Huud [11]: 7).  Dalam ayat lain, "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar" (QS al-Baqarah [2]: 155).

2] Peserta didiknya  adalah semua manusia. Allah SWT berfirman, artinya:  "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan; 'Kami telah beriman,' sedang mereka tidak diuji lagi" (QS al-Ankabuut [29]: 2).

3] Masa belajar di "sarana pendidikan" ini sesuai dengan kehendak Allah SWT. Maknanya, bisa sebentar, bisa juga lama. Ukurannya, tergantung sikap peserta pendidikannya dalam menjalani ujian yang diberikan kepadanya. "Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya; Bilakah datangnya pertolongan Allah? Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat." (QS al-Baqarah [2]: 214).

4] Sarana "Pendidikan" Covid-19 dilaksanakan hampir di seluruh belahan dunia.* Sebab, dunia adalah tempat ujian dan cobaan bagi manusia.       

5] Materi yang diajarkan di "sarana pendidikan" Covid-19 ini adalah kesabaran, shalat, ta'awun/saling tolong-menolong dalam kebaikan, ikhtiar, doa, dan tawakal. Allah berfirman, artinya; "Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar". (QS al-Baqarah [2]: 153).

6. Buku panduannya adalah Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Allah SWT berfirman, artinya: "Al-Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini". (QS al-Jatsiyah [45]: 20).

Semoga kita menjadi peserta didik yang baik dalam "sarana pendidikan" Covid-19 ini. Diharapakan setelah lulus [pandemi berakhir] kita menjadi insan yang beriman dan bertakwa, sabar dan syukur, ikhtiar dan tawakal,  dilandasi ikhlas dalam setiap gerak langkah kehidupan.  
Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Blog Archive

Data Kunjungan