Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Sunday, July 12, 2020

Apa Beda Kata Ikhwah dengan Ikhwan ?


Perbedaan kata ikhwah (إخوة) dengan kata ikhwan (إخوان).
Ikhwah : adalah persaudaraan karena pertalian hubungan nasab/keturunan.

Firman Allah SWT :

وَجَآءَ إِخْوَةُ يُوسُفَ فَدَخَلُوا۟ عَلَيْهِ فَعَرَفَهُمْ وَهُمْ لَهُۥ مُنكِرُونَ

"Dan saudara-saudara Yusuf datang (ke Mesir} lalu mereka masuk ke (tempat)nya. Maka Yusuf mengenal mereka, sedang mereka tidak kenal (lagi) kepadanya" (QS. Yusuf : 58)

Ikhwaan : adalah persaudaraan karena didasari persamaan agama dan keyakinan.

Firman Allah SWT :

رَبَّنَا ٱغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلْإِيمَٰنِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ

"Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang".(QS. Al Hasyr : 10)

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat" (QS. Al Hujuraat : 10).

Dalam ayat 10 surat Al Hujuraat diatas mengapa lafadz Ikhwah digunakan untuk persaudaraan se aqidah/seiman padahal biasanya digunakan untuk persaudaraan senasab? Hal itu bertujuan untuk melebihkan (Mubaalaghah), bahwa ketika seseorang bersaudara didasari agama maka Persaudaraannya Akan Menyamai Sudara Kandung (Nasab).

Semoga bermanfaat bagi generasi milenial.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Blog Archive

Data Kunjungan