Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Tuesday, July 7, 2020

Apa Beda Istighfar dengan Taubat?


Istighfar diambil dari kalimat istaghfara (استغفر) yang berarti al maghfirah (مغفرة). Jadi istighfar artinya memohon kepada Allah maghfirah.

Sementara al maghfirah diambil dari kata "mighfar" (مغفار). Dan مغفار dalam bahasa Arab adalah helm yang dipakai seorang prajurit dalam peperangan. Mighfar memiliki dua fungsi. Yang pertama "sitr", menutupi kepala, yang kedua "wiqaaya ", melindungi kepala dari hantaman pedang atau senjata musuh.

Maka ketika seseorang mengatakan "Astaghfirullah", maknanya yang pertama dia berkata, "Ya Allah, tutuplah aib-aibku, tutuplah dosa-dosaku. Jangan Kau umbar, jangan Kau bongkar dosa-dosaku di hadapan manusia."

Kedua, yang dimaksud dengan istighfar adalah memohon  wiqayah  memohon kepada Allah agar dosa-dosa kita tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi kita.

Apa beda istighfar dengan taubat?

Istighfar dan taubat kalau disebut terpisah, maka maknanya sama, sebagaimana disebut diatas.

Tetapi jika istighfar digabung dengan taubat, seperti dalam beberapa lafal, Astaghfirullah wa atuubu ilaih, kemudian juga rabbigh firlii wa atub 'alayya, "Ya Allah ampunilah aku, dan terimalah tobatku."

Kata para ulama, kedudukan taubat lebih tinggi daripada istighfar.

Apa beda taubat dan istighfar ketika keduanya digabungkan?

Taubat berarti seseorang meninggalkan maksiat tersebut. Berhenti daripada maksiat tersebut. Berarti dia sudah bertaubat. Dia sudah meninggalkan dosa tersebut dan tidak melakukannya lagi.

Sementara istighfar, seseorang bisa beristighfar namun masih melakukan dosa tersebut. Ini menunjukkan bahwa seseorang, baik dia mampu atau tidak untuk meninggalkan dosa-dosanya dia tetap wajib beristighfar kepada Allah.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Blog Archive

Data Kunjungan