Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Sunday, July 19, 2020

Allah Maha Penyembuh


Suatu saat saya bertemu seorang ulama. Saya tanya beliau apakah Abuya kalau sakit ke rumah sakit? Beliau jawab tidak pernah. Lho kok bisa? Karena hakikat yang menyembuhkan adalah Allah bukan dokter. Lalu Abuya melanjutkan ceritanya. 

Dahulu Nabi Musa pernah sakit gigi sehingga gusinya bengkak dan berakibat tidak bisa berdakwah. Ia lalu berdoa dan mendapat petunjuk dari Allah untuk mengambil rumput dn menggosok-gosokannya di bagian yang bengkak dan ternyata sembuh. Beberapa hari kemudian Nabi Musa sakit gigi lagi. 

Karena sudah tahu bahwa obatnya rumput, maka ia langsung mengambil rumput dan menggosokkannya dan ternyata tidak sembuh tetapi malahan semakin bengkak. 

Beberapa saat kemudian Allah SWT menegurnya, "Wahai Musa, yang pertama engkau sembuh karena engkau meminta kepada-Ku terlebih dahulu kesembuhan, tetapi yang kedua kamu terlalu PeDe, yakin bahwa yang menyembuhkan adalah rumput itu dan ternyata sakit gigimu tidak sembuh. Aku ingatkan hakikat yang menyembuhkan adalah Aku bukan rumput itu, maka bermohonlah kepada-Ku dahulu sebelum engkau berobat.

Ini nasihat yang baik bagi kita dalam rangka bertauhid dengan benar. Aamiin.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Blog Archive

Data Kunjungan