Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Friday, June 5, 2020

Sabar Solusi Hidup di Masa Wabah

Saat ini situasi kehidupan kita sedang dalam masa cobaan dan ujian Allah SWT berupa virus COVID 19 yang menjadi pandemic dan wabah ini telah menyebar ke berbagai belahan dunia yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan termasuk aktifitas kita sebagai muslim yaitu melaksanakan kegiatan shalat Jumat.
Kondisi ini mengharuskan kita untuk tetap survive dalam kehidupan agar aktkifitas ibadah kepada Allah dapat kita laksanakan namun tetap kita waspada dan mengikuti saran para ahli pandemilogi untuk mengikut protap [proseder tetap] kesehatan yaitu menjaga kebersihan.
Apa yang harus dilakukan umat Islam saat wabah sudah menjadi fenomena dan berdampingan dengan lingkungan kita? Kunci solusi hidup ini adalah sabar, menahan diri terhadap apa yang sudah terjadi dan tetap patuh pada himbauan dari pihak-pihak yang berkompeten.
Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 155: Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. [ Al-Baqarah :155]
Sungguh sikap dan perbuatan sabar yang dilakukan umat Islam saat-saat seperti sekarang adalah sikap dan perbuatan mulia. Alangkah berbahayanya umat ini bila tidak sabar sehingga mereka tidak mematuhi protokol kesehatan. Berakibat fatal bisa merugian diri sendiri, orang lain dan lingkungan hidup.
Sikap dan perbuatan Sabar ini juga telah dipesankan oleh Rasullah SAW. Suatu hari Rasulullah saw berjalan bersama sepupunya, sahabat Abdullah bin Abbas radhiyallahu 'anhuma di tengah perjalanan beliau Nabi Muhammad SAW memberikan sebuah nasehat yang sangat berharga bagi sepupunya tersebut, Rosulullah SAW bersabda :
Dan ketahuilah bahwa di dalam kesabaran terhadap hal yang engkau benci terdapat banyak kebaikan. Bahwa pertolongan itu (datang) setelah kesabaran, dan kelapangan itu (datang) setelah kesempitan serta bahwa kemudahan itu (datang) setelah kesulitan."(H.R. Imam Ahmad).

Sabda Rasulullah SAW ini bisa kita pahami bahwa hidup di dunia yang fana ini tidaklah mudah, penuh dengan tantangan dan harus menghadapi berbagai macam ujian mulai dari kesulitan, kesempitan, penyakit dan berbagai macam ujian dan tantangan lainnya termasuk menghadapi wabah yang ada ditengah-tengah kehidupan kita saat ini. Akan tetapi Rasulullah saw memberikan solusi untuk mengatasi semua itu yaitu dengan KESABARAN. 

Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Blog Archive

Data Kunjungan