Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Monday, June 29, 2020

Menepati Perjanjian


Tafsir Surat Al-Baqarah ayat  63-64 artinya :Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kamu dan Kami angkatkan gunung (Thursina) di atasmu (seraya Kami berfirman): "Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan ingatlah selalu apa yang ada didalamnya, agar kamu bertakwa".“Kemudian kamu berpaling setelah (adanya perjanjian) itu, maka kalau tidak ada karunia Allah dan rahmat-Nya atasmu, niscaya kamu tergolong orang yang rugi.”

Makna Kata :

 { الميثاق } al-Miitsaaq : Perjanjian yang diperkuat dengan sumpah { ٱلطُّورَ } ath-Thuur : Sebuah bukit yaitu bukit yang menjadi tempat Nabi Musa bermunajat kepada Allah Ta’ala. { بِقُوَّةٖ } biquwwatin : Dengan sungguh-sungguh, serius, teguh Makna ayat : Allah Ta’ala menceritakan kejadian yang menimpa generasi Yahudi terdahulu mengenai kejadian yang terjadi, mudah-mudahan mereka dapat mengambil pelajaran. 

Allah Ta’ala mengingatkan orang-orang Yahudi tentang kejadian tatkala mereka tidak mau untuk mengambil tanggung jawab mengamalkan kitab Taurat dan terus menerus seperti itu sampai Allah mengangkat gunung Tursina di atas mereka, gunung itu seakan-akan siap dijatuhkan di atas kepala mereka.

Pelajaran Ayat :

Pertama, kewajiban menepati pernjanjian dan kesepakatan.  Kedua, kewajiban mengambil hukum syariat dengan penuh keteguhan, mengingatnya, serta tidak melupakan atau pura-pura lupa. [Sumber : Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di].

Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Blog Archive

Data Kunjungan