Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Saturday, May 30, 2020

Pembaca Al-Qur'an Masuk Neraka ???

Umat Islam Indonesia saat ini banyak yang gemar membaca Al-Qur'an bahkan rumah tahfidz begitu semarak. Mari kita mawas diri dan mari kita waspadai peringatan dari Nabi Muhammad bahwa para pembaca Al-Qur'an bisa masuk neraka. Kenapa bisa begitu? Ayo simak hadis Nabi Muhammad berikut ini:

Rasulullah ﷺ bersabda:
….. وَرَجُلٌ تَعَلَّمَ الْعِلْمَ وَعَلَّمَهُ وَقَرَأَ الْقُرْآنَ فَأُتِيَ بِهِ فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ فَعَرَفَهَا. قَالَ فَمَا عَمِلْتَ فِيهَا؟ قَالَ: تَعَلَّمْتُ الْعِلْمَ وَعَلَّمْتُهُ وَقَرَأْتُ فِيكَ الْقُرْآنَ. قَالَ: كَذَبْتَ، وَلَكِنَّكَ تَعَلَّمْتَ الْعِلْمَ لِيُقَالَ عَالِمٌ وَقَرَأْتَ الْقُرْآنَ لِيُقَالَ هُوَ قَارِئٌ فَقَدْ قِيلَ. ثُمَّ أُمِرَ بِهِ فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى أُلْقِيَ فِي النَّارِ

“Dan didatangkan pula seseorang yang mempelajari ilmu dan membaca Al-Qur’an, lalu diperlihatkan kepadanya kenikmatan, sehingga ia mengetahuinya dengan jelas. اَللّهُ bertanya: "Apa yang telah kamu perbuat?"
Dia menjawab, "Saya telah belajar ilmu dan mengajarkannya, saya juga membaca Al Qur’an demi Engkau."
Lalu اَللّهُ berfirman: "‘Kamu dusta, akan tetapi kamu belajar ilmu agar dikatakan “seorang ‘alim” dan kamu membaca Al Qur’an agar dikatakan seorang “Qari’” , dan kini kamu telah dikatakan seperti itu, kemudian diperintahkan kepadanya supaya dia dicampakkan dan dilemparkan ke dalam neraka." (HR Muslim : 1905).

```Dari hadits tersebut, kita mengetahui ada orang-orang yang membaca al-quran tapi hal tersebut tidak mendekatkan dirinya kepada اَللّهُ, malahan membuat اَللّهُ murka kepadanya.
Mereka adalah : orang yang membaca Al-Qur'an karena ingin mendapatkan pujian manusia, tidak ikhlas karena اَللّهُ, bukan untuk memahami dan mengamalkan isi Qur'an, tapi untuk medapatkan gelar seorang ‘alim atau qari’ sehingga dia dimurkai dan dicampakkan اَللّهُ kedalam neraka.```

Semoga اَللّهُ senantiasa melimpahkan Rahmat Taufik serta hidayah-Nya kepada kita semua ,  tetap istiqamah  dalam kebaikan & meningkatkan amal ibadah.

Aamiin ya Allah.
                      
Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan