Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Tuesday, May 19, 2020

Malam 27 Lailatul Qadar

Imam Thabari telah meriwayatkan dalam tafsirya dari Sayiduna Ikrimah dari shohabat Ibnu 'Abbas rodliyallahu 'anhum, beliau berkata : Qur'an telah diturunkan semuanya sekali gus ke langit dunia dimalam Lailatul qadar dibulan Ramadan, kemudian Allah swt turunkan ke bumi secara bertahap (sedikit demi sedikit) menurut kejadian sampai terkumpul semua.

Lailatul qadar adalah Lailatul hukmi (malam keputusan/ketetapan)...
Diriwayatkan dari Robiah bin Kultsum, beliau berkata : seorang lelaki bertanya pada Al Imam Hasan Al Bashri dan aku mendengar nya : apakah menurutmu malam Lailatul qadar itu ada di setiap bulan Ramadan?
Beliau menjawab : ya, demi ALLAH yang tiada tuhan selain DIA sesungguhnya malam Lailatul qadar benar-benar ada di setiap bulan Ramadan, dan sungguh ia adalah malam qadar (ketetapan) dimana ALLAH SWT telah berfirman :

فيها يفرق كل أمر حكيم...

Di malam itu ALLAH SWT menetapkan semua ajal, amal dan rizqi...

(TAFSIR AT THABARI)

Dinamakan malam Lailatul qadar karena di malam itu ALLAH SWT menentukan dan mentakdirkan perkara-perkara yang IA kehendaki mulai dari urusan kematian, ajal, rizqi,d lainnya. Kemudian ALLAH SWT serahkan kepada 4 malaikat yang akan mengatur dan menjalankan perkara-perkara tersebut yaitu: malaikat Jibril, Isrofil, Izroil dan Mikail 'alaihimussalam...

Diriwayatkan dari sahabat Ibnu'Abbas radliyallahu 'anhuma, beliau berkata:

Bahwa ALLAH SWT menetapkan beberapa ketetapan dimalam nishfu sya'ban kemudian ALLAH SWT menyerahkan ketetapan-ketetapan tersebut di malam Lailatul qadar kepada para malaikat yang di wakilkan untuk mengatur dan melaksanakan ketetapan-ketetapan tersebut.

Beliau juga berkata : akan dicatat dari Ummul kitab (catatan yang telah tertulis di Ummul kitab) apa yang akan terjadi dalam setahun mulai dari urusan rizqi, hujan, hidup, mati sampai orang yang akan berhaji ditahun itu akan dicatat di malam Lailatul Qadar.

Sebagian ulama mengatakan : di namakan malam Lailatul Qadar karena keagungan dan kemuliaan malam tersebut.

(TAFSIR AL QURTUBI)
=============================
Nanti malam adalah malam 27 Ramadan diriwayatkan dari sahabat Ibnu'Abbas radliyallahu 'anhuma bahwa malam Lailatul Qadar sering terjadi di malam 27, karena ALLAH SWT telah menyebutkan kalimat Lailatul Qadar dalam Qur'an sebanyak 3x, dan jumlah huruf dari kalimat Lailatul Qodar adalah 9 huruf, jadi 9x3 = 27...

Manfaatkan malam 27 Rsmadan sebaik mungkin, perbanyak istigfar, salawat, dan membaca Qur'an dan perbanyak membaca doa ini terutama ketika sujud pada setiap shalat :

اللهم إنك عفو كريم تحب العفو فاعف عنا...

Jika mampu untuk melakukan shalat tasbih setelah shalat tarawih dan sebelum witir akan lebih afdal.
Perbanyak doa terutama doa agar ALLAH SWT segera mengangkat wabah yang sedang melanda dunia.

Mudah-mudahan kita semua dimuliakan oleh ALLAH SWT dengan menjumpai malam Lailatul Qadar. Aaamiiin... ya Allah.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan