Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Saturday, May 23, 2020

Ayo Kita Silaturahmi

Berakhirnya bulan Ramadan kita merayakan kemenangan di hari raya Idul Fitri dengan silaturahmi sesama saudara famili kerabat tetangga dan sesama umat Islam juga kepada saudara sebangsa setanah air Indonesia. Kita rajut persaudaraan dan persahabatan.

Ada dialog menarik terakait hakikat silaturahmi :
Seorang pria berkata pada Sidi Uwais Al Qarni rodliyallahu 'anhu :

Bersilaturrahmilah pada kami wahai Uwais dengan berziarah.

Sidi Uwais berkata : aku telah bersilaturrahmi padamu dengan silaturrahmi yang lebih baik dari berziarah dan bertemu. Yaitu do'a dari kejauhan, karena ziarah dan bertemu bisa terputus sedangkan do'a pahalanya akan terus mengalir.

Silaturrahmi tidak harus dengan saling ziarah dan saling bertemu akan tetapi silaturrahmi juga bisa dilakukan dengan saling mendo'akan dari kejauhan meski tak saling bertemu bahkan silaturrahmi ini lebih baik dari silaturrahmi dengan saling ziarah dan bertemu, karena silaturrahmi ini tidak akan terputus, pahalanya akan terus mengalir.

Hari Raya Idul Fitri kental dengan nuansa saling bersilaturahmi antar keluarga, kerabat dekat maupun jauh, teman terutama pada para guru dan orang tua. Akan tetapi di musim pandemi covid 19 yang sedang melanda dunia saat ini, dimana silaturrahmi dengan saling ziarah dan bertemu tidak memungkinkan dan tidak bisa dilakukan oleh sebagian orang, maka kita masih bisa tetap melakukan silaturrahmi yang lebih baik dengan cara saling mendoakan.

Ayo silaturahmi jaga persaudaraan jaga persahabatan jaga persatuan umat dan bangsa Indonesia.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan