Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Thursday, March 19, 2020

Jangan Marah

Hadits ke 16

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَوْصِنِي، قَالَ : لاَ تَغْضَبْ فَرَدَّدَ مِرَاراً، قَالَ: لاَ تَغْضَبْ
[رواه البخاري]

Terjemah hadits / ترجمة الحديث :
Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu sesungguhnya seseorang bertanya kepada Rasulullah sholallohu ‘alaihi wa sallam : (Ya Rasulullah) nasihatilah saya. Beliau bersabda : Jangan kamu marah. Beliau menanyakan hal itu berkali-kali. Maka beliau bersabda : Jangan engkau marah.
(Riwayat Bukhori )

Pelajaran yang terdapat dalam hadits / الفوائد من الحديث :
  1. Anjuran bagi setiap muslim untuk memberikan nasihat dan mengenal perbuatan-perbuatan kebajikan, menambah wawasan ilmu yang bermanfaat serta memberikan nasihat yang baik.
  2. Larangan marah.
  3. Dianjurkan untuk mengulangi pembicaraan hingga pendengar menyadari pentingnya dan kedudukannya.

  4. Dunia saat ini dihebohkan dengan kasus Penyakit bahaya seperti virus. Semua orang harus mengisolasi diri jika tidak maka negara memaksa dengan melakukan lockdown menghentikan seluruh kegiatan. 

  5. Oleh karena itu mari kita menahan marah agar kita selamat dari bahaya ini. Biasakan hidup sehat bersih diri dan lingkungan. Perhatikan anjuran ulama dan pemerintah atas peristiwa wabah korona. 
  6. Kita berharap dan berdoa kepada Allah agar wabah korona segera berakhir.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan