Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Monday, April 29, 2019

Iblis Takabur


Surat Al-Baqarah Ayat 34

وَإِذۡ قُلۡنَا لِلۡمَلَٰٓئِكَةِ ٱسۡجُدُواْ لِأٓدَمَ فَسَجَدُوٓاْ إِلَّآ إِبۡلِيسَ أَبَىٰ وَٱسۡتَكۡبَرَ وَكَانَ مِنَ ٱلۡكَٰفِرِينَ 

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.
Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan) Dan ingatkanlah -wahai Rasul- kepada manusia tentang kemuliaan yang Allah anugerahkan bagi Adam ketika Allah ta’ala berfirman kepada para malaikat: “bersujudlah kalian kepada Adam untuk memuliakan dan memperlihatkan keutamaannya”. Maka seluruh malaikat taat menjalankan kecuali iblis ia menolak bersujud lantaran kesombongan dan kedengkiannya, maka ia pun menjadi makhluk yang ingkar kepada Allah dan membangkang terhadap perintah-Nya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia 34. اسْجُدُوا (sujudlah kalian kepada Allah) Dalam bahasa arab kata sujud berarti tunduk, dan posisi terbaik adalah dengan meletakkan wajah di atas tanah. Abu Amr berkata: seseorang dikatakan bersujud apabila menundukkan kepalanya. Ayat ini menunjukkan keutamaan Nabi Adam yang mana Allah Ta’ala menyuruh para malaikat kepadanya. Adapun sujud kepada selain Allah diharamkan di syariat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. إِلَّا إِبْلِيسَ (kecuali Iblis) Iblis berasal dari bangsa jin, dan dia termasuk yang diperintahkan untuk bersujud kepada Nabi Adam karena dia berada diantara malaikat. Ibnu Abbas berkata: dulunya Iblis bernama ‘Azazil dan digolongkan diantara malaikat yang paling mulia, akan tetapi kemudian dia tidak mentaati Allah, sejak saat itulah dia dinamakan dengan Iblis karena Allah menjauhkan dirinya dari segala bentuk kebaikan karena kemaksiatannya. أَبَىٰ وَاسْتَكْبَرَ (ia enggan dan takabbur) Yakni tidak mau untuk bersujud dan meresa dirinya lebih mulia. وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ (dan ia termasuk golongan orang-orang yang kafir) Yakni Allah telah mengetahui sebelumnya bahwa Iblis adalah kafir.

Zubdatut Tafsir / Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah Dan ingatkanlah juga wahai Rasulallah kepada kaummu ketika kami memerintahkan para malaikat untuk bersujud kepada Adam sebagai tanda penghormatan dan pemuliaan, bukan (sebagai) sujud penyembahan dan pengagungan. Kemudian mereka semua bersujud kecuali Iblis yang berasal dari golongan jin. Dia menolak bersujud melainkan mengagungkan dirinya sendiri. Di sisi Allah, dia telah ingkar karena melanggar perintah Allah SWT dan enggan bersujud kepada Adam.

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili Ibnu 'Abbas berkata : "Jika kesalahan seorang laki-laki pada kesombongannya maka janganlah kamu mengarap kepadanya, dan jika kesalahannya karena kemaksiatan maka berharaplah kepadanya sesuatu, karena sesungguhnya kesalahan Adam karena kemaksiatan, sedangkan kesalahan Iblis karena kesombongannya.

Li Yaddabbaru Ayatih / Lajnah Ilmiah Markaz Tadabbur Makna kata : ٱسۡجُدُواْ Usjuduu : Sujud adalah meletakkan kening dan hidung di atas permukaan tanah, atau bisa juga dengan menundukkan kepala ke tanah tanpa meletakannya akan tetapi disertai dengan rasa rendah dan tunduk. إِبۡلِيسَ Ibliis : Dikisahkan bahwa dahulu namanya adalah Al-Haarits, namun pada saat mulai menyombongkan diri dari ketaatan kepada Allah maka Allah Ta’ala menjadikannya putus asa (iblis) dari setiap kebaikan dan menjadikannya setan. أَبَىٰ Abaa : Tidak mau dan menolak untuk bersujud kepada Adam ٱسۡتَكۡبَرَ : Merasa dirinya lebih tinggi dan mulia sehingga rasa sombong dan hasad mencegahnya untuk taat kepada Allah dengan bersujud kepada Adam. ٱلۡكَٰفِرِينَ Al-Kaafiriin : Merupakan bentuk plural dari kafir. Yaitu orang yang mendustakan Allah atau mendustakan salah satu ayat-ayat Allah, atau mendustakan salah satu rasul-rasul Allah, atau dengan menolak taat kepadaNya. Makna ayat : Allah Ta’ala mengingatkan hamba-hambaNya dengan ilmu, kebijaksanaanNya, serta karuniaNya atas mereka dalam firmanNya: وَإِذۡ قُلۡنَا لِلۡمَلَٰٓئِكَةِ ٱسۡجُدُواْ لِأٓدَمَ “Dan ingatlah ketika Kami berfirman kepada para Malaikat, “Sujudlah kamu kepada Adam..” (QS. Al-Baqarah : 34). Perintah sujud ini merupakan bentuk penghormatan kepada Adam. Maka para malaikat bersujud kecuali Iblis. Merasa dirinya lebih tinggi dan mulia sehingga rasa sombong dan hasad mencegahnya untuk taat kepada Allah dan memberi penghormatan kepada Adam. Dikarenakan rasa sombong dan dengki kepada Adam karena kemuliaannya. Oleh karena itu Iblis digolongkan ke dalam barisan para kafir dan fasiq dari perintah Allah, karena tidak mau taat kepadaNya. Hal inilah yang membuatnya pantas untuk dijadikan berputus asa dan dijauhkan dari kebaikan. Pelajaran dari ayat 34 : 1. Mengingatkan akan karunia dari Allah terhadap perkara yang wajib untuk disyukuri serta mendorong untuk melakukannya. 2. Peringatan keras dari sifat sombong dan dengki dimana keduanya adalah sebab dijauhkannya setan dari kebaikan, termasuk juga sebab yang menjadikan orang Yahudi tidak mau menerima Islam. 3. Penetapan permusuhan Iblis, dan peringatan bahwa dia adalah musuh yang harus dijadikan musuh untuk selamanya. 4. Peringatan bahwa ada beberapa maksiat termasuk dalam kekufuran dan ada juga yang dapat mengantarkan kepada kekufuran.

Aisarut Tafasir / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, pengajar di Masjid Nabawi Sebagai pemuliaan Allah kepada Adam 'alaihis salam. Sujud di sini adalah sujud penghormatan kepada Adam, bukan sebagai sujud memperhambakan diri, karena sujud memperhambakan diri itu hanyalah semata-mata kepada Allah Ta'ala. Iblis enggan untuk sujud karena sombong dan dengki, sehingga ia termasuk golongan yang ingkar kepada Allah dan durhaka kepada perintah-Nya.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan