Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Wednesday, February 6, 2019

Orang-Orang Yang Rugi


Tafsir Surat Al-Baqarah 26-27

۞إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَسۡتَحۡيِۦٓ أَن يَضۡرِبَ مَثَلٗا مَّا بَعُوضَةٗ فَمَا فَوۡقَهَاۚ فَأَمَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ فَيَعۡلَمُونَ أَنَّهُ ٱلۡحَقُّ مِن رَّبِّهِمۡۖ وَأَمَّا ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ فَيَقُولُونَ مَاذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِهَٰذَا مَثَلٗاۘ يُضِلُّ بِهِۦ كَثِيرٗا وَيَهۡدِي بِهِۦ كَثِيرٗاۚ وَمَا يُضِلُّ بِهِۦٓ إِلَّا ٱلۡفَٰسِقِينَ ٱلَّذِينَ يَنقُضُونَ عَهۡدَ ٱللَّهِ مِنۢ بَعۡدِ مِيثَٰقِهِۦ وَيَقۡطَعُونَ مَآ أَمَرَ ٱللَّهُ بِهِۦٓ أَن يُوصَلَ وَيُفۡسِدُونَ فِي ٱلۡأَرۡضِۚ أُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡخَٰسِرُونَ 
26.  Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?". Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik,
27.  (yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi.

            Orang-orang yang menentang Islam tidak mampu membuat kitab tandingan al-Quran. Mereka tidak memiliki kekuatan logika seperti logika al-Quran. ‎ُSeluruh perumpamaan al-Quran bagi mereka dipandang sangat rendah dan berkata, Ya Allah perumpamaan yang kau bikin seperti perbuatan manusia bukan perbuatan Tuhan. Sebagai Tuhan sungguh sangat jelek membikin perumpamaan seperti laba-laba atau lalat. Perumpamaan seperti ini sungguh tidak sesuai dengan kedudukan sebagai Tuhan. Para penentang Islam yang pada dasarnya tidak mengakui keberadaan Tuhan, ucapan tersebut tidak memiliki tujuan selain berupaya meragukan dan menggoncang umat Islam akan kebenaran al-Quran dan Nabi serta Iman mereka.

            Pada dasarnya tidak semua perumpamaan al-Quran demikian, sebab pada ayat sebelumnya Allah telah mengibaratkan orang-orang munafik dengan seorang musafir dalam sebuah jalan yang penuh dengan berbagai bahaya, baik bumi maupun langit. Sementara untuk melanjutkan perjalanannya ia tidak memiliki penerang sama sekali.

            Setelah ayat sebelumnya [ayat 26] berbicara tentang kesesatan orang-orang fasik, maka ayat ini [ayat 27] menjelaskan tiga ciri-ciri mereka itu.‎‎
            Pertama, mereka adalah orang-orang yang suka menginjak-injak perjanjian dengan Allah dan hanya mengikuti keinginan-keinginan hawa nafsu mereka. Yang dimaksud dengan perjanjian Allah di dalam ayat ini ialah suatu bentuk perjanjian takwini (penciptaan) bukan tasyri'i (pensyariatan). Yaitu, Allah Swt telah menciptakan fitrah di dalam diri setiap manusia, dimana melalui hidayah fitrah tersebut, manusia dapat mengenali kebaikan dan keburukan, kebenaran dan kebatilan. Dengan fitrah itu pula setiap orang memiliki kesiapan untuk menerima seruan para Rasul yang diutus oleh Allah kepada mereka.
            Kedua, Ketika Allah Swt memerintahkan agar mereka menjalin hubungan yang baik, termasuk hubungan keagamaan dengan para pemimpin ilahi, juga hubungan sosial dengan orang-orang mukmin, serta hubungan kekeluargaan dengan kaum kerabat dan sanak keluarga; orang-orang fasik justru memutus dan merusak hubungan-hubungan tersebut.
            Ketiga, mereka menyebarkan kerusakan dan kekejian di muka bumi ini dengan kefasikan dan perbuatan-perbuatan dosa mereka. Mungkin mereka mengira bahwa perbuatan dosa adalah perkara pribadi dan dampak-dampaknya berkaitan dengan dirinya sendiri. Padahal segala bentuk pengaruh sosial dari perbuatan dosa tidak lebih kecil dari pada pengaruh-pengaruh pribadi karena perbuatan-perbuatan dosa tersebut secara perlahan dan bertahap akan menyeret masyarakat kepada kerusakan.

            Jelas sekali bahwa seseorang yang tidak mempedulikan perjanjian-perjanjian ilahi dan hubungan-hubungan sosial akan berbuat sekehendak hatinya. Oorang ini pasti akan menimpakan kerugian bagi dirinya sendiri. Dengan melepaskan seluruh modal materi dan maknawinya, maka tak ada hal lain yang ia dapatkan kecuali kesengsaraan, kerugian dan kebinasaan.

            Dari dua ayat tadi terdapat enam poin pelajaran yang dapat dipetik:
1. Pelanggaran perjanjian tidak sejalan dengan ketaatan beragama. Seorang mukmin tidak akan pernah melanggar perjanjiannya walaupun dengan orang-orang kafir. Lalu bagaimana ia menginjak-injak perjanjian dengan Allah.
2. Menentang seruan fitrah, membuka jalan bagi perbuatan dosa dan pada akhirnya menciptakan kerusakan di muka bumi.
3. Kerugian yang sesungguhnya ialah musnahnya modal usia dan pikiran, akibat pelanggaran-pelanggaran terhadap panggilan fitrah dan syariat.
4. Sesuai dengan ayat 124 Surah al-Baqarah disebutkan, ".... maka kepemimpinan ilahi merupakan janji Allah dan menurut ayat ini pula, pelanggaran terhadap janji Allah tersebut merupakan ciri-ciri munafik."
5. Islam menganjurkan manusia menjalin hubungan dengan sesama, bukan pemutusan hubungan. Oleh sebab itu, silaturrahmi dan saling kunjung antar keluarga dan kerabat, terutama kedua orang tua, selalu mendapat perhatian dan penekanan di dalam Islam.
6. Islam menentang sikap atau perbuatan mengucilkan diri dan menjauh dari masyarakat. Islam selalu menganjurkan kepada para pengikutnya untuk aktif hadir di tengah-tengah masyarakat, melaksanakan shalat berjamaah termasuk shalat Jumat, menjenguk orang sakit, menyantuni orang fakir dan miskin, serta memperhatikan keadaan para tetangga. Di dalam berbagai riwayat Islam, banyak terdapat anjuran-anjuran untuk silaturrahmi. Berikut ini disebutkan sebagiannya secara singkat.

"Kunjungilah sanak keluarga kalian, karena hal itu akan menjauhkan kefakiran dari kalian, memperluas rezeki dan memberkahi usia kalian."

"Peliharalah silaturrahmi meskipun dengan orang-orang yang tidak peduli terhadap kalian atau dengan orang-orang yang meskipun orang tersebut bukan orang yang baik."

"Peliharalah silaturrahmi meskipun kalian terpaksa berjalan selama setahun atau kalian hanya mempunyai peluang sekedar memberi salam atau waktu yang sedikit sekedar meneguk air."

"Silaturrahmi meringankan kematian dan perhitungan di hari kiamat dan menyebabkan seseorang memperoleh kedudukan istimewa di surga." ‎‎ ‎ ‎

Share:

0 comments:

Post a Comment

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan