Melatih dan Mencerahkan Jiwa

Tuesday, December 12, 2017

Empat Mutiara


Rasulullah SAW bersabda: “ Empat macam mutiara yang ada pada diri manusia dapat hilang dengan empat perkara yang lain. Empat mutiara itu ialah: akal, agama, malu, dan amal shaleh. Kemarahan dapat menghilangkan akal, Hasud (dengki) dapat menghilangkan agama, tamak dapat menghilangkan malu, mengumpat (gibah) dapat menghilangkan amal shaleh”. (Ibn Hajar Asqalani, Kitab Nashaihul Ibad).

Mari kita coba pahami empat mutiara insan tersebut :
1. Akal 
Akal adalah materi ruhani yang Allah ciptakan dan bersamayam di tubuh insan. Ia dapat mengenal yang hak dan yang batil. Allah menganugerahkan akal kepada manusia sehingga manusia dapat berpikir, berkreasi dan berproduksi. Akal inilah yang membedakan manusia dengan hewan. Akal harus kita jaga sebaik-baiknya. Sebab, kemarahan dapat menghilangkan akal. 

2. Agama 
Agama mengajak orang-orang yang berakal agar dapat menerima ajakan Rasulullah. Agama akan menuntun akal manusia agar hidup penuh dengan tanggung jawab moral. Manusia tidak boleh hasud (dengki) kepada sesama, karena dengki dapat menghilangkan agama.

3. Malu
Malu ada dua bentuk: nafsu nafsani dan malu imani. Malu nafsani ialah malu yang diciptakan Allah dalam diri seseorang seperti malu karena tersingkapnya aurat atau malu karena berzina. Sedangkan malu imani ialah malu yang dapat mencegah seorang mukmin dari perbuatan maksiat karena takut kepada Allah semata. Kita harus budayakan rasa malu dalam setiap perilaku. Rasa malu ini akan hilang dalam diri seseorang bila orang itu dihinggapi penyakit tamak (rakus) terhadap dunia.

4. Amal Shaleh
Amal Shaleh disini maksudnya adalah amal yang ikhlas yang dikerjakan seorang 
hamba Allah. Kita semestinya waspada terhadap segala amal yang kita sudah kerjakan. Sebab, bila kita melakukan ghibah (menggunjing) orang lain benar atau salah akan menghilangkan amal shaleh kita lakukan. 

Semoga empat mutiara ini memberikan pelajaran yang berharga untuk kita semua agar kita lebih dapat menjaganya dengan sebaik-baiknya sehingga kita tidak kehilangan empat mutiara tersebut.


Sumber gambar ilustrasi:
https://www.pinterest.com.au/pin/549509592018779298/ 


Share:

2 comments:

Konsultasi dengan Gus Abduh

Data Kunjungan